ilustrasi

Seruu.com - Penelitian menunjukkan, apa yang disaksikan atau dilihat oleh para atlet sebelum memulai pertandingan punya efek cukup besar terhadap performa fisik. Kesimpulan ini didapati setelah para peneliti dari lembaga yang membantu tim Olimpiade Inggris dengan saran-saran sains, UK Sport, melakukan studi terhadap 12 personel tim rugby.

Responden ini diminta menonton 5 tipe film pendek sebelum berlatih olahraga di kesempatan yang berbeda setiap tipe filmnya. Tipe-tipe tersebut antara lain; erotis, sedih, humor, motivasi, dan agresi.

Didapati, jumlah testosteron para responden meningkat cukup banyak usai mereka menyaksikan tayangan klip erotis selama 4 menit.

Peningkatan testosteron ini membantu para atlet meningkatkan kekuatan dan performa fisik saat berlatih.

Peningkatan level hormon "perasaan bahagia" tercatat meningkat pada tes air liur para responden setelah mereka menyaksikan tayangan erotis, humor, agresif, dan motivasi.

Tayangan sedih akan menurunkan kandungan testosteron pada atlet dalam jumlah banyak.

Penelitian ini dilakukan terhadap atlet rugby, yang memang membutuhkan agresivitas. Namun, Scott Drawer, dari UK Sport mengatakan, efek ini tidak selalu sama hasilnya, ada faktor-faktor lain yang menentukan, seperti kondisi individual atlet tersebut.

KOMENTAR SERUU