Adesagi Kierana (Kanan) dan Randy Yana (Kiri) dalam salah satu koleksi foto di twitter

Seruu.com - Waspada racun karbon monoksida di rumah. Kematian desainer Chandra Kierana, 34 tahun, dan rekannya Randi Yana, 31, mungkin bisa menjadi pelajaran.

Adesagi dan Randi ditemukan tewas dalam keadaan tanpa busana di kamar mandi rumah teman mereka, belakang Gedung Sate, Bandung, Minggu, 1 Januari 2012. Kepolisian sementara menyimpulkan kematian desainer di Bandung tersebut akibat keracunan gas karbon monoksida.

Makhluk apakah karbon monoksida itu? Bagaimana sebenarnya ancaman karbon monoksida?

Karbon monoksida (CO) adalah gas tidak berwarna dan tidak berbau. Gas beracun ini berasal dari pembakaran tak sempurna, seperti batu bara, kayu, arang, minyak, minyak tanah, propana, dan gas alam.

Di rumah, karbon monoksida bisa menyebar melalui pembakaran sampah di halaman rumah, memanaskan mobil di garasi tertutup, asap perapian atau pembakaran yang tak sempurna dari pemanas air. Beberapa produk juga menghasilkan karbon monoksida seperti generator portabel, mesin pemotong rumput, dan mesin cuci listrik.

Gas karbon monoksida diam-diam menjadi ancaman bagi nyawa manusia. Consumer Product Safety Commission Amerika Serikat mencatat 170 orang meninggal dunia dalam setahun gara-gara keracunan gas karbon monoksida dari pembakaran tungku, pemanas air dan pemanas ruangan, mesin bertenaga peralatan seperti generator portabel, perapian, dan arang yang dibakar di rumah dan daerah tertutup lain.

Karena sifat CO tidak berbau dan tak berwarna, sulit mendeteksinya dengan indra manusia. Kita pun masih sulit membedakan korban keracunan gas karena gejalanya mirip flu. Gejala keracunan CO antara lain sakit kepala, kelelahan, sesak napas, mual, pusing. Pada tingkat yang lebih parah, keracunan CO bisa menyebabkan muntah, kegilaan, kehilangan koordinasi otot, sampai mati.

Lalu, bagaimana mencegah dari racun CO?
* Pastikan peralatan dipasang dan dioperasikan sesuai dengan instruksi pabrik. Kebanyakan peralatan harus dipasang orang yang profesional. Kalau memiliki pemanas, rajin-rajinlah memeriksa dan servis setiap tahun.
* Jangan mengoperasikan generator portabel atau mesin dengan bahan bakar bensin dalam ruang tertutup.
* Pasang alarm CO yang memenuhi persyaratan standar keselamatan.
* Jangan pernah membakar arang di ruang tertutup. Waspada pembakaran tak sempurna dari kompor gas.
* Jangan pernah meninggalkan mobil hidup di garasi meski pintu garasi terbuka.
* Buatlah ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara di rumah serta konsultasikan dengan ahli. [ndis]
 

KOMENTAR SERUU