Seruu.com - Menyatukan dua insan yang berbeda dalam biduk rumah tangga bukan hal mudah. Ada banyak yang harus disamakan, dimaklumi, dibiasakan, dan adaptasi lainnya.  Di tahun-tahun awal justru waktu adaptasi yang sulit dan krusial.

Belakangan ini terdengar kabar perceraian dari pasangan-pasangan selebriti yang baru saja menikah. Kim Kardashian-Kris Humphries, Sinead O'Connor-Barry Herridge, dan Katy Perry-Russell Brand adalah sedikit dari sekian banyak pernikahan yang berakhir dini.

Kim-Kris kabarnya bercerai karena masalah ketidaksesuaian dalam cara mengatur rumah dan sifat. Sementara Sinead-Barry yang hanya menikah 16 jam terjadi karena tekanan orang-orang di sekitar suaminya, setidaknya itu yang dikatakan Sinead. Sementara Katy-Russell belum diketahui pasti, tetapi rumornya, karena Russell kurang menghormati mertuanya.

Menurut pengarang buku Marriage Works, Jeanine dan Mark Earnhart, ada 5 hal yang menjadi penyebab terumum pasangan yang baru menikah bercerai, yakni:

1. Masalah dengan mertua
2. Keuangan
3. Seks
4. Waktu yang dihabiskan dengan teman, tanpa pasangan
5. Masalah urusan rumah tangga

Untuk mengatasinya, Earnhart menyarankan satu hal yang sebenarnya penting untuk mengatasi banyak masalah dalam berhubungan: komunikasi.

Komunikasikan segala hal dengan jujur bersama pasangan, mulai dari hal-hal yang membuat frustasi maupun apresiasi terhadap satu sama lain.

Saat menemukan masalah, hindari berpikiran untuk menilai siapa yang benar, siapa yang salah. Pikirkan apa solusi terbaiknya.

Upayakan koneksi terus berjalan, melalui komunikasi, seks, afeksi, saling memahami, serta kasih satu sama lain. Injeksikan pula humor di dalam kehidupan sehari-hari. [ndis]

KOMENTAR SERUU