Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Dari berbagai macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh, vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran penting, terutama terhadap wanita. Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan bahwa wanita yang kekurangan asupan vitamin D memiliki risiko hipertensi tiga kali lebih tinggi dari mereka yang punya level vitamin D normal.

Dikutip dari Reuters, Para peneliti dari Michigan menguji 559 wanita muda sejak tahun 1992, dan menemukan bahwa wanita dengan kadar vitamin D rendah cenderung memiliki penyakit hipertensi dalam 15 tahun kemudian, yaitu pada tahun 2007. "Kami ingin menunjukkan bahwa kurang vitamin D sewaktu muda bisa berakibat buruk dalam jangka panjang, yaitu hipertensi terutama pada wanita paruh baya," ujar Flojaune Griffin dari University of Michigan School of Public Health.

Vitamin D bisa didapat dari cahaya matahari, ikan yang berlemak, susu yang difortifikasi (penamabahan zat) dan suplemen makanan. Vitamin D sangat baik untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat dan sehat.

Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan hipertensi yang akan memicu penyakit serius seperti stroke, jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Bahkan risiko kanker, gangguan sistem kekebalan tubuh serta penyakit inflamasi (peradangan) juga menghantui mereka yang kurang vitamin D.

Peneliti memilih responden yang berumur 24 tahun hingga 44 tahun atau usia rata-rata 38 tahun pada penelitian pertama. Setiap tahunnya peneliti mengecek kadar vitamin D dalam darah responden, dan pada akhir studi tahun 2007 kadar sistolik responden diukur. Studi yang didanai oleh US National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases menemukan lebih dari 10 persen wanita yang mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin D pada waktu mudanya terbukti mengalami hipertensi pada tahun 2007.

Hasil dari penelitian tersebut didukung oleh data statistik yang menjelaskan bahwa hampir setengah dari penduduk dunia memiliki level vitamin D yang rendah. Selain dari faktor makanan, hal itu juga disebabkan karena masyarakat sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan sehingga kurang mendapatkan sinar matahari.[ast]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU