Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Saat melakukan diet, kulit cenderung kusam karena sebagian besar nutrisi tidak didapatkan tubuh. Lemak tubuh yang berkurangpun membuat kulit cepat kering.

Ada berbagai cara mulai dari perawatan dari dalam maupun luar, seperti yang dikemukakan Dr Jaishree Machanda di Times of India.

1. Gunakan pelembab
Pelembab wajah, tabir surya, lip balm hingga krim mata dan tangan sangatlah penting dalam program diet. "Jika diet Anda sukses, otomatis kulit akan mengering karena kehilangan banyak cairan dan juga lemak," ujar ahli kosmetik Dr Mohan Thomas. Hindari Kulit mengering karena keriput akan cepat datang dan kulit cepat menua.

2. Minum suplemen
Kesehatan kulit sangat tergantung pada apa yang masuk ke dalam tubuh. Saat diet, banyak porsi makanan dikurangi hingga ditiadakan. Untuk menjaga vitalitas, makanan utama tetap harus dikonsumsi, jangan digantikan seluruhnya oleh suplemen. Namun saat diet, suplemen dan vitamin memegang peranan penting, karena sifatnya yang mudah dicerna. Vitamin A, B, C berpengaruh dalam produksi kolagen dan protein yang baik untuk kulit.

3. Asam sitrus
Bila Anda pernah melihat orang yang minum air putih dicampurkan dengan perasan jeruk lemon, itu berarti ia sedang diet atau memperhatikan benar kesehatan kulitnya. Satu sendok perasan jeruk lemon yang dicampurkan ke segelas air setiap mau makan adalah kebiasaan yang sangat baik. Makanan yang mengandung asam sitrus seperti; jeruk, anggur, stroberi, kiwi dan brokoli juga baik untuk menjaga keremajaan kulit.

4. Hindari tepung
Makanan mengandung tepung, gula dan minuman berkafein; teh, kopi dan soda akan membuat kulit cepat kusam karena proses dehidrasi. Gantikan dengan pasta atau gandum murni yang baik untuk proses detoksifikasi tubuh.

5. Kurangi atau berhenti merokok
Saat diet, merokok menghambat lancarnya aliran darah yang memasok oksigen dan nutrisi untuk kulit. Saat tidak berdiet saja, merokok sudah berkontribusi besar memberikan keriput di wajah, apalagi saat diet dimana Anda sedang mengurangi cairan tubuh?

6. Kurangi mandi air hangat
Mandi air hangat memang menyenangkan dan efeknya menenangkan, namun aktivitas ini mengurangi kandungan minyak alami pada kulit lebih cepat ketimbang mandi air dingin. Jadi mulai sekarang, biasakanlah mandi air dingin. Jika terpaksa mandi malam, gunakan air hangat yang temperaturnya agak sejuk dan batasi waktunya.

7. Cuci muka yang benar
Saat diet berlangsung, biasanya wajah akan terasa kesat dan lebih bersih karena mengering. Jangan salah artikan kondisi ini. Banyak kotoran dan debu yang menempel di wajah Anda. Jadi, cucilah wajah dengan benar dan gunakan pelembab sesudahnya. Kulit mengering sering dianggap bersih karena teksturnya yang mulus.

8. Senam muka
Agar wajah tetap terlihat segar, rutinlah senam muka maupun memijatnya sendiri. Lakukan sehari dua kali agar aliran darah ke wajah tetap lancar. Anda bisa juga melakukan yoga, karena banyak gerakan menunduk yang baik untuk peredaran darah ke wajah.[ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU