Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Apakah kulit Anda pernah mendapatkan hasil sun-bathing yang tampak sangat gelap walaupun sudah memakai tabir surya? Atau kulit Anda mulai bermasalah karena terlalu sering bekerja di lapangan? Mungkin Anda melakukan kesalahan dalam mengaplikasikan tabir surya.

Dua pakar dermatologi Dr. Linda Evans dan Dr. Debra Jaliman, meluruskan beberapa kesalahpahaman tentang tabir surya dan bagaimana solusinya, seperti dikutip dari Total Beauty.

1. Tidak Memakai Cukup Tabir Surya
Dr. Evans menyarankan, jangan pelit memakai tabir surya. Agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulit, tuang tabir surya dalam porsi yang cukup ke telapak tangan dan oleskan ke salah satu anggota tubuh, begitu seterusnya. Aplikasikan tabir surya pada wajah, tangan, punggung, dan jangan lupakan juga area bawah kaki Anda termasuk punggung dan jari-jari kaki.

2. Menganggap Kulit Gelap Tidak Perlu Pakai Tabir Surya
Walaupun Anda terlahir dengan kulit gelap, itu bukan alasan untuk tidak memakai tabir surya. Dr. Evans menegaskan bahwa lapisan ozon bumi saat ini tidak sekuat dulu, jadi Anda harus tetap menggunakan tabir surya agar kulit Anda terlindungi dari paparan sinar matahari.

3. Tidak Memakai Tabir Surya Dengan SPF yang Tepat
Saran dari Dr. Jaliman, sebaiknya Anda menggunakan tabir surya dengan SPF 30 untuk semua aktivitas di luar ruangan. Apabila Anda menggunakan SPF 15 untuk aktivitas luar ruangan, sebaiknya aplikasikan berulang-ulang. Untuk aktivitas luar ruangan, Dr. Evans menyarankan untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap 2-3 jam sekali. Terlebih jika Anda beraktivitas di dalam air.

4. Memakai Tabir Surya yang Sudah Kedaluwarsa
Mungkin Anda sering membeli stok kosmetik dalam jumlah cukup banyak, pastikan bahwa tabir surya Anda belum kedaluwarsa. Kosmetik biasanya mempunyai masa kedaluwarsa 2 tahun, sedangkan tabir surya sekitar 1 tahun.

5. Hanya Memakai Tabir Surya
Ada kalanya ketika sudah memakai tabir surya Anda sudah merasa aman, dan mengabaikan topi, kacamata hitam, atau sarung tangan. Ada baiknya Anda tetap menggunakan aksesori ini karena mereka cukup membantu melindungi kulit Anda dari paparan langsung sinar matahari.

6. Memakai Tanning-Lotion dengan SPF Rendah
Walaupun Anda berniat menggelapkan kulit dengan tanning-lotion dan sunbathing di pinggir pantai, perhatikan kandungan SPF dalam lotion tersebut. Karena menurut Dr. Evans, rata-rata tanning-lotion hanya mengandung 4 SPF.

7. Kosmetik dengan Tingkat SPF yang Rendah
Tabir surya tidak hanya sebatas body lotion, tapi juga kosmetik yang Anda pakai pada area wajah seperti bedak maupun lip balm. Perhatikan tingkat SPF pada kosmetik ini, dan jangan lupa lindungi kulit area wajah, termasuk mata, telinga dan bibir dengan kosmetik dengan tingkat SPF yang sesuai.

8. Beraktivitas di Luar Ruangan Pada Siang Hari
Sinar matahari di atas pukul 10 cukup berbahaya bagi kulit Anda. Tidak hanya membuat kulit kering, kusam maupun gelap namun bisa menyebabkan kanker kulit. Sebaiknya hindari aktivitas di luar ruangan dari pukul 10 pagi sampai 4 sore. Jika terpaksa Anda beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya tidak lebih dari 1 jam.[ast]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU