Undip Ilustrasi (Istimewa)

Semarang Seruu.com - Sebanyak 110 mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang menerima beasiswa "BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan" sebesar Rp1 miliar sebagai kepedulian terhadap mahasiswa berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi.

 

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II sebagai perwakilan "BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan" Laurensius Manurung kepada perwakilan mahasiswa di Gedung Prof Soedarto Undip, Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Menurut Manurung, beasiswa yang disalurkan pada 110 mahasiswa Undip itu merupakan tahap kedua dengan alokasi Rp1 miliar dan total besaran beasiswa "BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan" kepada Undip mencapai sebesar Rp4 miliar.

Ia menyebutkan, pihaknya menyediakan dana untuk beasiswa mencapai Rp85 miliar yang diberikan kepada 28 perguruan tinggi, antara lain Undip, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Besaran beasiswa yang disalurkan pada setiap perguruan tinggi berbeda, misalnya UI yang mendapat Rp10 miliar, ITB dan IPB masing-masing Rp6 miliar, sedangkan Undip mendapat Rp4 miliar yang disalurkan selama empat tahun," katanya.

Dari total alokasi beasiswa "BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan" sebesar Rp85 miliar itu, lanjut dia, sampai saat ini sudah tersalur sekitar Rp35 miliar, sedangkan sisanya akan segera disalurkan kepada perguruan tinggi penerima.

"Untuk seleksi mahasiswa penerima beasiswa, kami serahkan pada pihak perguruan tinggi bersangkutan. Mereka yang menilai, seperti dari indeks prestasi komulatif (IPK) hingga tingkat perekonomian keluarganya," kata Laurensius.

Sementara itu, Rektor Undip Prof Sudharto P. Hadi mengapresiasi kepedulian BUMN dalam membantu mahasiswa yang memiliki prestasi, namun tidak mampu secara ekonomi agar dapat mengakses pendidikan tanpa terkendala biaya.

Ia menyebutkan, Undip berkomitmen memenuhi kuota 20 persen bagi mahasiswa miskin melalui beasiswa-beasiswa, termasuk "Bidik Misi" dan "BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan" untuk membantu pembiayaan kuliah mereka.

Dari total mahasiswa baru Undip pada tahun ini yang berjumlah sekitar 8.700 orang, kata dia, berarti ada tanggungan sekitar 1.740 mahasiswa miskin yang harus dibantu pembiayaan kuliahnya dengan pemberian beasiswa.

"Sampai saat ini, sebanyak 1.380 mahasiswa sudah mendapatkan beasiswa, termasuk `Bidik Misi` dan `BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan`. Sisanya, sudah ada beberapa pihak yang bersedia membantu memberikan beasiswa," katanya.

Untuk beasiswa "BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan", ia menyebutkan setiap mahasiswa akan mendapatkan sekitar Rp9 juta/tahun yang bisa digunakan untuk membantu membiayai perkuliahan sekaligus biaya hidup sehari-hari.

"Penerima beasiswa `BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan` tahun ini sebanyak 110 orang. Tahun depan kami seleksi lagi. Seleksi penerima beasiswa ini dilakukan ketat, jangan sampai ada penerima beasiswa dobel," kata Sudharto.[ant/ast]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU