ilustrasi (Ist)

Seruu.com - Mata menjadi organ vital saat menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak pekerjaan yang bisa kita tuntaskan dengan baik, bila kondisi mata sehat. Sayangnya, tak sedikit di antara kita yang belum memahami bagaimana meningkatkan atau merawat kesehatan mata.

 

Agar mata tetap sehat, perlu asupan gizi yang bisa membuatnya tetap cemerlang. Untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa membuat mata tetap berfungsi dengan baik, berikut ulasannya seperti dikutip laman medsavailable.com, baru-baru ini.

- Ikan. Dengan kadar DHA yang tinggi, zat ini mampu memberikan dukungan struktural pada membran sel. Hal ini sangat dianjurkan bagi orang yang menderita mata kering atau degenerasi makula, dan juga bermanfaat bantu merawat mata. Jenis ikan yang paling bisa dinikmati seperti ikan cod, tuna, sarden, dan makarel.

- Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung. Sayuran ini memiliki karotenoid, termasuk di dalamnya zeaxathin dan lutein. Lutein pigmen kuning membantu melindungi makula dari cahaya biru serta dari sinar berbahaya dari matahari.

- Telur. Barang ini pernah dipuji sebagai makanan lengkap, tingkat kaya belerang, asam amino, lesitin, sistein, dan lutein yang juga berkontribusi merawat mata. Senyawanya yang mengandung belerang membantu melindungi lensa mata dari pembentukan katarak.

- Bawang putih, bawang merah, dan bawang ceper. Produk bumbu dapur ini memiliki kandungan belerang tinggi. Sulfurnya diperlukan memproduksi alam glutathione, yang menjadi antioksidan penting bagi tubuh dan khusus pada lensa mata seseorang.

- Anggur dan blueberry. Buah-buahan yang kaya anthocyanin dikenal dapat meningkatkan penglihatan mata pada malam hari. Studi menunjukkan saat mata beradaptasi ke gelap, kesiapan mata meningkat dalam waktu 30 menit setelah konsumsi selai buah frambos kecil atau secangkir blueberry

- Wortel. Jenis sayuran ini terkenal kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh seseorang. Vitamin ini membantu mengonversi lemak menjadi energi. Beta-karoten merupakan antioksidan untuk memerangi secara efektif terhadap beberapa jenis kanker. Dalam hal mata, beta-karoten dapat membantu pertahankan lapisan permukaan mata. Sementara vitamin A membantu pertahankan integritas kulit serta selaput lendir, yang bekerja sebagai penghalang terhadap virus dan bakteri. [medsavailable/lpt]

KOMENTAR SERUU