Seruu.com - Para bayi memiliki kemampuan yang sering tidak diduga orangtua. Penelitian terbaru membuktikan, bayi bisa memahami ucapan ibunya meski sang ibu berbicara dalam bahasa yang belum pernah mereka dengar.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti di School of Psychology, Cardiff University, Inggris. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Cognitive Development itu melibatkan 84 bayi berusia 14-18 bulan dan ibu mereka.

Saat diteliti, para ibu bayi berakting dengan mainan mengucapkan dua kata dalam bahasa Inggris, 'whoops' dan 'there'. Peneliti kemudian memperhatikan bagaimana reaksi bayi-bayi saat melihat ibu mereka melakukan aktivitas tersebut.

Para peneliti melihat, bagaimana para bayi memberikan reaksi saat ibu mereka berbicara dalam bahasa berbeda. Ketika diteliti, para ibu melakukan proses serupa seperti dijelaskan di atas, hanya saja dalam bahasa Yunani dan dengan intonasi yang sama.

Setelah diteliti, peneliti menemukan bayi memberikan reaksi yang sama, baik saat mereka memahami bahasanya atau tidak sama sekali. Hal itu terbukti saat para bayi tetap bereaksi saat si ibu mereka bicara bahasa Yunani.

"Penelitian ini menunjukkan anak-anak bisa memahami ucapan yang memiliki intonasi sama. Kami memakai dua kata 'whoops' dan there dalam dua bahasa yang berbeda dan hasilnya sama. Dari dua bahasa Inggris atau Yunani itu, tidak ada satupun yang sebenarnya dipahami bayi," ujar pimpinan penelitian tersebut, Dr Merideth Gattis.

Menurut Dr. Gattis, bayi memberikan respon pada intonasi suara orangtunya. Intonasi suara itu sangat berguna untuk membuat bayi menebak apa yang dipikirkan ayah dan ibunya.

"Kita tidak pernah bisa membaca pikiran orang, kecuali menggunakan intonasi dari bahasa yang kita ucapkan," jelasnya.

Inti dari penelitian ini, menurut Dr. Gattis, saat orangtua bicara dengan bayi mereka, perhatikan intonasinya. "Tidak terlalu penting apa yang diucapkan, tapi bagaimana kata itu diucapkan." tuturnya. [wp]

KOMENTAR SERUU