Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Merokok bukan hal yang baru bagi pria bahkan wanita. Bagaimana kalau rokok yang kita hisap jenis menthol.

 

Mengisap rokok jenis mentol mungkin bisa memberikan gaya tersendiri bagi para penikmat rokok. Tetapi tanpa disadari efek menthol ternyata lebih membahayakan dari rokok biasa. Karena, menurut studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine, kebiasaan merokok mentol lebih sulit dihentikan dibandingkan dengan rokok biasa.

Penelitian yang dilakukan Cancer Institute of New Jersey dan UMDNJ-School of  Public Health ini melihat laju penghentian oleh perokok non menthol dan menthol. Laju penghentian itu kemudian dipecah kembali berdasarkan ras.

Hasilnya adalah, 43 persen ras Hispanik yang pengisap rokok menthol cenderung susah dihentikan dibandingkan dengan pengisap rokok non menthol. Sementara itu, 19 persen warga Amerika keturunan Afrika yang mengisap rokok menthol gagal berhenti merokok. Padahal, 71 persen dari etnik tersebut memilih rokok menthol.

“Dari riset ini mendukung bahwa adanya mentol mempengaruhi usaha untuk menghentikan merokok. Rencana pelarangan oleh FDA (Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat) masuk akal,” kata si peneliti yang melakukan studi. Saat ini, FDA sedang mempelajari berbagai studi yang menyangkut dengan rokok menthol dan akan mengeluarkan proposal beberapa bulan kedepan.

Rokok menthol dapat memberi efek sejuk di mulut dan tenggorokan ketika asap dihisap. Rokok ini juga memperlambat metabolisme nikotin sehingga senyawa tersebut menetap didalam  darah dengan waktu yang lebih lama dari pada rokok biasa.[ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU