Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Apa saja yang perlu dikonsumsi selama hamil ? berikut ini adalah zat-zat gizi yang wajib ditingkatkan asupannya selama masa kehamilan, agar kehamilan sehat meski menjalani pola makan vegetarian.

 

Bayam, brokoli, bokcoy, semangka, aprikot kering, jus tomat, kismis, tofu, tempe, kentang, jus prune, kacang hijau dan kacang kedelai, bulgur, dan minyak wijen. Karena mengandung zat besi (Fe)  sebagai bahan pembentuk sel-sel darah merah. Konsumsi pula makanan sumber vitamin C untuk membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi.
    
Jeruk, sayuran hijau, susu kedelai, roti dan sereal yang difortifikasi diperkaya asam folat. Karena mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tabung saraf beserta sistem saraf pusat janin pada minggu-minggu pertama kehamilan.
    
Aneka jenis serealia dan susu kedelai yang diperkaya vitamin D. Karena mengandung vitamin D  untuk membantu penyerapan kalsium.
    
Aneka makanan yang diproses dengan menggunakan ragi, misalnya tapai singkong, tapai ketan, oncom dan tempe.
    
Aneka jenis kacang-kacangan, jagung dan beras merah. Sangat disarankan untuk mengonsumsi paling tidak lima jenis kacang-kacangan, seperti kacang kedelai dan aneka produk olahannya (susu kedelai, tahu, tempe), kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang lentil, kacang bogor dan almon. Karena mengandung protein untuk pembentukan sel-sel janin.
    
Tofu, aneka jenis sayuran berdaun hijau tua, jus buah-buahan, sawi putih, bokcoy, brokoli, serealia yang difortifikasi,  kacang kedelai dan produk olahannya (susu kedelai, yoghurt, tofu, tahu, tempe). Tofu merupakan sumber kalsium dianjurkan bagi penganut vegan. Karena mengandung kalsium (Ca) untuk membentuk tulang dan gigi janin.[ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU