Seruu.Com - Anak berkemampuan khusus atau lebih dikenal dengan anak indigo memang mempunyai kemampuan istimewa yang hanya dimiliki oleh sebagian kecil orang.

Dengan segala kelebihannya dibanding anak-anak lain –- seperti memiliki kepandaian di atas rata-rata -– keberadaan anak indigo menarik perhatian masyarakat. Namun keistimewaan mereka jangan dilebih-lebihkan agar mereka bisa hidup dalam lingkungannya secara normal.

Anak-anak indigo memiliki kesadaran lebih tinggi daripada kebanyakan orang, mengenai siapa diri mereka dan tujuan hidup mereka, sehingga memerlukan perlakuan khusus.

Tapi sayang, banyak masyarakat belum tahu bagaimana mengelola dan memperlakukan kelebihan mereka. Akibatnya, kemampuan indera keenam anak indigo sering disalahgunakan dengan menggiring mereka menjadi paranormal.

Sementara itu kondisi umum yang juga kerap didapati pada anak indigo adalah kebiasaan berbicara sendiri yang acapkali ditafsirkan kalau ia tengah bicara dengan makhluk ghaib. Kondisi ini sepintas mirip dengan anak autis yang kadang bicara sendiri. Namun kalau anak indigo omongannya terarah, sementara anak autis tidak terarah dan cenderung ngaco.

Karena memiliki sikap keseharian yang berbeda dengan anak-anak lainnya inilah, yang kadang membuat orang salah mengira anak indigo sebagai anak penderita ADD/ADHD (gangguan kekurangan perhatian/gangguan hiperaktif dan kekurangan perhatian).

“Memang kalau tidak diamati secara jeli oleh orang-orang yang paham, bisa salah diartikan sebagai ADD/ADHD, hingga anak indigo malah dikasih perlakuan dan obat-obatan ADD/ADHD. Itu kan tidak benar,” kata Astri S. Widianti seorang psikolog yang bergabung di Essa Consulting.

Di negara-negara maju, kemampuan anak-anak indigo sudah mendapatkan perhatian yang serius. Mereka biasanya dimasukkan ke sekolah-sekolah khusus, yang berbeda pola pengajaran serta aturan yang berlaku. Hal ini juga karena anak indigo itu biasanya sulit untuk mematuhi aturan yang ketat seperti sekolah-sekolah biasa pada umumnya. [er]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU