Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Menjaga kesehatan payudara adalah hal yang harus dilakukan setiap wanita. Salah satu cara menjaganya adalah dengan mengatur pola makan yang seimbang. Seperti yang kita tahu, pola makan yang tidak sehat bisa memicu kanker payudara. Untuk itu, atur pola makan Anda agar payudara lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit ganas, kanker payudara.

 

Bijak mengonsumsi daging
Saat akan makan daging merah, pilihlah yang tipis dan tidak ada lemak putihnya atau biasa disebut gajih. Karena lemak tersebut bisa memicu naiknya bobot tubuh Anda. Menurut jurnal kanker, wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas beresiko tinggi terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang memiliki berat badan normal.

Kurangi konsumsi makanan kaleng dan cepat saji
Kesibukan seringkali membuat kita ingin segalanya serba cepat termasuk dalam pemilihan makanan. Alasan sering telat bangun pagi membuat sebagian dari Anda banyak yang sarapan dengan mi instan, makanan kaleng atau makanan cepat saji lainnya. Hal itu sebaiknya dikurangi atau bahkan dihilangkan. Anda seharusnya mengonsumsi sarapan dengan asupan makanan berkualitas seperti susu dan roti gandum. Harap diingat, bahwa makanan kaleng atau instan mengandung bahan pengawet yang berperan besar sebagai pemicu terjadinya kanker payudara.

Konsumsi kacang kedelai
Di negara China dan Jepang, angka kasus kanker payudara sangat rendah. Hal itu karena kebiasaan mereka mengonsumsi kacang kedelai olahan seperti tahu dan susu kedelai. Dari 18 penelitian yang dilakukan menunjukkan, bahwa mengonsumsi kacang kedelai bisa menurunkan resiko kanker payudara secara signifikan. Laurence Kolonel, M.D., Ph.D., kepala peneliti di Cancer Research Center of Hawaii, Amerika Serikat, menyarankan lebih baik mengonsumsi kedelai alami dibandingkan yang berbentuk suplemen. Hal itu karena, menurutnya, dosis phytoestrogen yang ditemukan dalam suplemen fungsinya seperti estrogen dalam tubuh, dan bisa memicu perubahan sel menjadi tidak normal pemicu kanker.

Kurangi alkohol
“Meskipun hanya minum sedikit setiap hari, tetapi kandungannya bisa meningkatkan resiko kanker payudara cukup besar," kata Kolonel yang dikutip dari laman Shine. Akan lebih baik jika Anda tidak minum alkohol sama sekali, terutama jika dalam riwayat keluarga ada yang pernah terkena kanker. Namun jika hal itu sulit Anda lakukan, cobalah kurangi kadarnya setiap hari, jangan malah menambahnya.[ast]  

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU