Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Tak hanya bermanfaat untuk bayi, berenang juga bisa meningkatkan bonding orangtua-anak.

Mengajarkan bayi berenang sejak tahun pertama memiliki banyak manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk bayi, berenang juga bisa meningkatkan bonding antara orangtua-anak.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang memandang sebelah mata kegiatan berenang untuk bayi. Atau mungkin, mereka terlalu khawatir dan menganggap terlalu dini. Padahal, mengajarkan berenang se-dini mungkin kepada anak, memberikan lebih banyak manfaat.

Survei yang diadakan Water Babies menunjukkan 40 persen orangtua di Inggris mengaku tak pernah memperkirakan adanya manfaat positif dari mengajarkan berenang pada bayi. Padahal kecelakaan ketiga tertinggi pada anak di Inggris disebabkan karena anak tenggelam. Mengajarkan berenang sejak dini pada anak, justru mampu meningkatkan kepercayaan diri anak di dalam air, dan membuatnya bisa melindungi diri.

Bonding
Berenang bersama bayi menjadi momen yang  menyenangkan untuk anak dan orangtua. Selain mendebarkan, berenang bersama bayi juga meningkatkan bonding orangtua-anak.

Perkembangan fisik dan mental
Aktivitas berenang melatih perkembangan fisik dan mental anak. Anak tak hanya tumbuh lebih bugar dan kuat, namun juga membantu anak untuk lebih bernafsu makan dan lebih nyenyak tidur.

Belajar life-skill
Nyatanya, renang bukan hanya olahraga fisik. Melalui renang, bayi juga bisa belajar life-skill, termasuk kemampuan untuk bertahan dan menjaga diri.

Menurut survei, 90 persen ayah dan ibu setuju bahwa menjadi tanggungjawab mereka untuk menjamin anak-anaknya memiliki life-skill. Artinya, adalah tugas orangtua untuk mendidik dan membimbing anak untukmemiliki life-skill seperti kemampuan berenang, bersepeda, memahami etika di meja makan. Namun, lebih dari sepertiganya mengaku komitmen untuk menumbuhkan life-skill ini terkalahkan karena kesibukan pekerjaan.

Paul Thompson, salah satu pendiri Water Babies mengatakan, "Mengajarkan anak mengenai keamanan tingkat dasar di dalam air dan kepercayaan diri di dalam air bisa menyelamatkan jiwanya. Melalui pelatihan yang progresif, bayi bisa belajar keterampilan pertahanan diri sejak dini, seperti berenang mendekati benda padat saat berada di dalam air, dan lain sebagainya."

Usia berapa mulai berenang?
Kebanyakan orangtua, para responden survei Water Babies, mengatakan anak-anak sebaiknya mulai belajar beranang mulai usia tiga. Namun faktanya, anak-anak bisa belajar berenang lebih dini lagi.

Bayi pada tahun pertama mengalami perkembangan otak yang tinggi, setiap gerakan akan merangsang perkembangan otak, menguatkan saraf dan membuat kerja otak semakin efisien.

"Bayi usia dua hari pernah belajar berenang bersama kami. Tahun pertama kehidupan bayi sangat krusial terutama dalam perkembangannya. Olahraga rutin turut punya andil besar dalam mendukung tumbuh kembangnya. Air memungkinkan otot bayi bergerak bebas. Latihan di air, cocok untuk anak-anak," tandas Thompson.[ast]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar