Ilustrasi-foto

Seruu.com - Gula punya beberapa manfaat bagi tubuh, salah satunya memompa energi agar lebih semangat beraktivitas. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, gula bisa menyebabkan berat badan berlebih.

Untuk menghindari penumpukan lemak dan berat berlebih akibat gula, mengurangi konsumsi makanan manis menjadi solusi satu-satunya. Namun banyak wanita yang belum menyadari kadar gula yang dikonsumsinya per hari. Sejumlah penelitian mengungkap, wanita zaman sekarang mengonsumsi gula lebih banyak dibandingkan wanita di era 50 atau 60 tahun lalu.

Penyebabnya, karena saat ini sebagian besar produk makanan menggunakan gula yang sudah dimurnikan atau gula putih sebagai pemanis. Bayangkan saja, dalam satu kaleng minuman soda bisa mengandung delapan sendok makan gula. Satu potong kue pie, mengandung gula sebanyak 11 sendok teh. Sedangkan kue cokelat, banana split dan makanan manis lainnya mengandung gula rata-rata 20-25 sendok teh gula putih.

Seperti dikutip Lifemojo, gula putih bisa mengganggu kesehatan dan diet karena mengandung kalori tinggi tapi minim nutrisi. Bahkan, gula putih bisa merampas nutrisi alami dalam tubuh yang berfungsi menjalankan metabolisme.

Selain menambah berat badan, kelebihan gula juga bisa merusak gigi, menyebabkan penuaan dini, diabetes, batu empedu, melemahkan penglihatan dan menurunkan fungsi imun tubuh. Untuk terhindar dari efek negatif gula, Anda tidak perlu berhenti makan penganan manis. Bagaimanapun juga, gula juga diperlukan untuk melancarkan sistem kerja organ tubuh. Hanya saja harus dibatasi konsumsinya.

Ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti gula putih. Selain alami, pemanis makanan dan minuman ini juga aman bagi tubuh:

Madu
Bahan makanan yang dihasilkan lebah ini mengandung banyak mineral dan dipercaya aman bagi penderita alergi. Madu rasanya lebih manis dibandingkan gula putih, jadi cukup gunakan sepertiganya. Madu cocok digunakan sebagai pemanis pada masakan yang dioseng atau memakai saus; misalnya dituangkan selagi makanan dalam keadaan panas. Madu juga cocok dicampur bersama lemon sebagai salad dressing. Tapi jangan masukkan madu selagi memasak karena bisa menjadi racun.

Kurma
Kurma mengandung 60% gula dan kadarnya bisa meningkat karena proses pengeringan. Gula kurma biasanya terbuat dari kurma kering yang dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Selain, gula kurma juga ada yang berbentuk cair. Tambahkan gula kurma saat memasak atau membuat kue. Rasa manisnya cukup unik, dan jauh lebih manis dari gula putih. Jadi, pemakaian sedikit saja sudah cukup.

Buah Kering

Buah-buahan yang dikeringkan seperti kismis, prune atau apel bisa jadi alternatif pemanis makanan yang sehat. Bisa sebagai taburan di atas makanan atau dimasak bersama bahan-bahan lain. Buah kering juga cocok untuk menambah warna agar tampilan masakan lebih menarik. [Or]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar