Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com- Bosan dengan rambut lurus atau ingin lebih memaksimalkan rambut ikal Anda? Cobalah dengan beberapa alat bantu yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Apa saja alat-alat yang bisa membuat rambut lebih ikal itu?

Rambut ikal memang memiliki pesona tersendiri. Tak hanya telihat lebih seksi, rambut ikal juga dapat membuat rambut terlihat bervolume.

Seperti yang dikatakan hairdresser Lutuye Salon Gunawan, banyak alat yang bisa digunakan untuk membuat rambut menjadi bergelombang atau ikal, berikut diantaranya :

1. Roll

Seperti namanya, roll berbentuk gulungan yang bisa menggelinding. Fungsinya, membuat rambut bergelombang alami dan bervolume.

Bentuk roll ini beragam, kecil, sedang, dan besar. Roll kecil menghasilkan ikal dengan lengkungan kecil dan cocok untuk rambut pendek di atas bahu dan tipis.

Roll sedang cocok untuk rambut sebahu atau sedikit di bawah bahu. Sedang roll besar diperuntukkan bagi pemilik rambut panjang dan tebal. Hasil ikal dari roll sedang dan besar ini tentu lebih besar dari roll kecil.

Cara Menggunakan:

Keramasi rambut terlebih dulu dan keringkan hingga 80 persen. Kemudian, usapkan foam secara merata, agar rambut lebih mudah dibentuk mengikuti bentuk roll. Diamkan hingga kering, baru digulung dengan roll dan biarkan 30 menit.

Lepaskan roll dan sisir rambut dengan jari agar terkesan alami. Terakhir, semprotkan hairspray agar lebih kuat dan tahan lama.

2. Sosis

Sosis ini mirip roll tapi bentuknya lebih kecil, panjang, dan terbuat dari plastik dengan bergerigi dan berserabut. Fungsinya menggulung rambut dengan arah vertikal atau berdiri. Hasil akhirnya, rambut ikal dengan bentuk yang lebih panjang dan menyerupai spiral. Ukuran sosis ini juga beragam, ada yang kecil, sedang, dan besar.

Cara Menggunakan:

Sisir rambut terlebih dulu, bagi rambut menjadi beberapa bagian dan gulung rambut dengan sosis secara vertikal atau spiral. Untuk mendapatkan rambut ikal alami, lakukan cara yang sama seperti menggunakan roll, yaitu rambut dikeramasi, diberi foam, dan disemprot hairspray untuk hasil akhirnya.

3. Catok

Selain untuk meluruskan rambut, catok juga bisa mengikalkan rambut. Catok ini terdiri atas dua jenis, yaitu catok lurus dan catok curly, namun keduanya bisa membuat rambut menjadi ikal.

Cara Menggunakan:

Sisir rapi dan bagi rambut menjadi beberapa bagian. Ambil sejumput rambut dan catok dengan cara diputar ke samping dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan rambut dalam posisi tergulung selama satu menit dan lepaskan pelan-pelan.

Pilih catok yang dilapisi ion untuk melindungi rambut dari kekeringan. Jangan lupa untuk melakukan ritual mengoleskan foam sebelum dicatok dan akhiri dengan hairspray.

4. Blower

Blower adalah jenis sisir yang digunakan untuk mem-blow rambut. Bentuknya bulat dengan gigi yang terdapat di seluruh permukaannya. Seperti halnya alat-alat lain, blower ini terdiri atas tiga ukuran, kecil, sedang, dan besar dengan fungsi yang sama pula.

Harap Diperhatikan!

- Model Potongan Rambut

Model trap adalah model terbaik dalam proses mengikalkan rambut. Sebab, model ini memiliki panjang yang berurutan, sehingga bisa saling terkait ketika digulung dan saling mempertahankan ikal tersebut.

- Perawatan Rambut

Alat-alat pengikal yang dialiri listrik, foam, dan hairspray membuat rambut kering dan rusak, karenanya, rambut harus dirawat ekstra.

Caranya, beri vitamin atau serum sebelum mengikalkan rambut. Kemudian, rawat secara rutin dengan hair spa dan hair mask. [ny/nr/nty]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar