Foto Ilustrasi (istimewa)

Seruu.com - Alergi memang dapat menyerang segala usia, baik muda atau pun sudah tua. Nah, bila Anda ingin terhindar dari alergi sebaiknya cegah dengan cara ini.

 

Pilih tempat olahraga yang sesuai

Jika Anda hobi berolahraga dan memiliki alergi terhadap serbuk sari, spora, atau alergen lain yang bisa terbawa udara, sebaiknya melakukan olahraga di dalam ruangan. Orang yang berolahraga akan memiliki tarikan nafas panjang dan begitu juga saat mengeluarkan napas.

Kalau olahraga dilakukan di luar ruangan, dikhawatirkan alergen di udara akan banyak yang terhisap ke dalam paru-paru. Akibatnya, reaksi alergi akan terjadi.

Jika Anda lebih suka berolahraga di luar rumah, minimalisasikan kemungkinan terkena alergi dengan mengonsumsi antihistamin terlebih dahulu.

Hindari alergi yang sifatnya bukan musiman

Debu, bulu binatang, atau ruangan yang lembab yang memungkinkan jamur tumbuh adalah beberapa benda yang berpotensi menjadi alergen. Bersihkan benda-benda dari debu, seperti karpet, gorden, selimut, dan sebagainya.

Bila perlu rendam dengan air yang panasnya di atas 80 derajat celcius untuk membunuh kutu atau kuman yang bisa menyebabkan alergi atau infeksi. Hindarkan pula ruangan dari kelembaban tinggi untuk mencegah hadirnya jamur.

Kenakan pakaian terbuat dari bahan yang tepat

Pakaian dari bahan nonsintetis lebih baik dalam mencegah alergen menempel. Pasalnya, kalau Anda memakai baju dengan bahan sintetis, muatan listrik di kain tersebut bisa menjadi media penarik bagi serbuk sari. Disarankan memakai pakaian dengan bahan katun.

Mengkonsumsi antihistamin

Jika Anda hobi berkebun, konsumsi antihistamin sebelum melakukannya. Atau, Anda bisa pula makan cromolyn. Sebaiknya, salah satu dari obat itu diminum dua jam sebelum Anda bercocok tanam.Untuk lebih meminimalisasi alergi, sebaiknya memakai masker untuk menghindari alergen udara.

Rajin membersihkan anggota badan

Tangan dan bagian tubuh lain adalah media yang baik untuk membawa alergen masuk ke tubuh. Alergen bisa menempel dan kemudian masuk ke tubuh. Sebaiknya Anda mandi usai berpergian jauh.[ii/nty]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar