Seruu.com - Wanita yang sedang mengandung atau hamil memiliki banyak pantangan agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Mau tau apa saja pantangannya? Simak yuuk..

1. Jangan sering mandi air hangat

Sebenarnya mandi air hangat tidak bermasalah untuk ibu hamil (bumil), tapi yang harus diperhatikan adalah suhunya. Bila suhu air terlalu tinggi, mandi akan menjadi aktivitas yang membahayakan bayi. Suhu yang tinggi apalagi pada awal kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir pada janin.

2. Jangan terlalu banyak makan

Ibu hamil tentu membutuhkan banyak nutrisi, sehingga harus banyak mengonsumsi asupan makanan agar kebutuhan janin terpenuhi. Namun, ibu hamil yang mengalami obesitas berisiko tinggi terhadap bayi terkena kadar rendah vitamin D. Berat badan bumil selama kehamilan memiliki efek terhadap kesehatan bayi. Wanita hamil yang kekurangan vitamin D lebih berpeluang melahirkan anak obesitas. Sementara bayi yang tidak mendapatkan cukup vitamin D dapat terkena rakhitis, penyakit yang mempengaruhi perkembangan tulang.

3. Jangan olahraga berat

Olahraga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Setiap ibu hamil mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga olahraga yang dipilih harus disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Pilih olahraga ringan seperti yoga, senam hamil atau jalan kaki yang tidak menguras banyak energi Anda.

4. Jangan minum kopi

Jika saat single Anda sering minum kopi, maka batasi minuman tersebut ketika Anda hamil. Kafein mempunyai sifat sebagai simultan yang dapat meningkatkan denyut jantung, sedikit meningkatkan tekanan darah, membuat ibu hamil merasa gelisah dan insomnia serta merangsang sekresi asam lambung. Tentu hal tersebut berdampak pada bayi. Dampak buruknya jika minum kopi berlebihan adalah keguguran. Oleh karena itu direkomendasikan tidak lebih dari satu sampai dua cangkir kopi sehari bagi wanita hamil.

5. Jangan memakai sepatu hak tinggi

Selain tidak nyaman, sepatu hak tinggi bisa membahayakan karena meningkatkan resiko jatuh yang menyebabkan sang ibu hamil itu sendiri akan mengalami trauma, dan yang lebih buruk akan terjadinya cacat janin atau keguguran. Memakai hak tinggi menyebabkan peregangan pada otot-otot di daerah pinggang. Ibu hamil akan lebih sering mengeluhkan rasa sakit dan pegal pada daerah tersebut.

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar