Ilustrasi. (Foto: istimewa)
Menolak untuk meminjamkan uang pada teman atau kerabat memang suatu hal yang sulit. Mereka mungkin akan marah pada Anda, namun perlu diingat bahwa Anda tak punya kewajiban apa pun untuk meminjamkan uang pada mereka yang malah nantinya bisa menyebabkan masalah finansial tersendiri dalam hidup Anda. Bijaksanalah!

Seruu.com - Sesekali mungkin ada teman atau kerabat bahkan saudara yang ingin meminjam uang pada Anda. Walaupun membantu mereka yang membutuhkan adalah suatu hal yang baik, namun perhatikan hal-hal berikut ini sebelum Anda memutuskan meminjamkan uang Anda pada mereka, di samping pertimbangan bahwa uang sering menjadi pencentus masalah antar teman dan anggota keluarga.

Jangan meminjamkan uang jika Anda tak mau kehilangan uang itu:
Sering dikatakan bahwa Anda sebaiknya meminjamkan uang jika Anda siap untuk kehilangan uang itu, karena mungkin saja si peminjam tak mampu mengembalikannya pada Anda seperti janjinya semula.

Terus ‘menyelamatkan’ keadaan finansial si peminjam:
Jika Anda terus-menerus ‘menyelamatkan’ keadaan finansial teman atau kerabat lainnya dengan cara meminjamkan uang Anda, mungkin sudah saatnya Anda berhenti menjadi ‘juru selamat’ mereka. Anda tak benar-benar menolong mereka jika mereka sendiri tak pernah bisa memecahkan masalah finansial mereka. Ingat, Anda bukanlah ‘mesin ATM’ mereka yang selalu siap dengan segudang uang.

Anda malah harus meminjam uang pada yang lainnya:
Suatu tindakan tak bijaksana jika Anda harus meminjam uang pada yang lainnya demi meminjamkannya pada teman atau kerabat yang membutuhkan, walaupun hanya pinjaman jangka pendek. Jangan pernah melibatkan diri dalam situasi seperti ini karena apa pun yang terjadi, Anda pasti akan terlibat untuk bertanggung jawab.

Jangan pinjamkan uang hanya demi benda-benda tak penting:
Pertimbangkan kembali untuk meminjamkan uang jika si peminjam hanya ingin menggunakannya untuk membeli benda-benda tak penting. Mereka seharusnya belajar menentukan mana hal yang merupakan keinginan dan mana yang memang merupakan suatu kebutuhan.

Jangan pinjamkan uang jika mereka belum mengembalikan pinjaman sebelumnya:
Tegaslah untuk menolak si peminjam jika pinjaman sebelumnya belum terselesaikan. Beberapa orang biasanya memang mahir meminjam sejumlah kecil uang secara berulang kali. Walaupun awalnya tampak hanya ‘uang kecil’, namun jika dijumlahkan pasti akan berarti. Pinjaman-pinjaman kecil seperti ini juga memungkinkan Anda ‘kehilangan jejak’ atas berapa yang mereka pinjam dan mana yang telah mereka kembalikan.

Menolak untuk meminjamkan uang pada teman atau kerabat memang suatu hal yang sulit. Mereka mungkin akan marah pada Anda, namun perlu diingat bahwa Anda tak punya kewajiban apa pun untuk meminjamkan uang pada mereka yang malah nantinya bisa menyebabkan masalah finansial tersendiri dalam hidup Anda. Bijaksanalah! [Debby LS]

KOMENTAR SERUU