Seruu.Com - Disini saya akan berbagi tentang informasi kesehatan, sebelum saya memulai izinkan saya bertanya terlebih dahulu, Apa yang terbesit di benak anda saat mendengar tentang kata Radiasi? Radiasi yang saya maksud disini adalah Radiasi Elektromagnetik yang berasal dari Perangkat Nirkabel seperti Ponsel ( HP ), Tablet, dan Perangkat Sejenis Lainnya.

Kenapa Radiasi Elektromagnetik? karena sekarang ini bisa dibilang hampir semua orang menggunakan Perangkat Komunikasi Nirkabel seperti Ponsel ( HP ) atau Tablet, tapi tidak banyak diantara mereka yang tahu akan dampak buruk dari Perangkat yang mereka gunakan tersebut, kebanyakan orang tahu bahaya Radiasi adalah Kanker, padahal Kanker adalah efek jangka panjang dari paparan Radiasi Elektromagnetik.

Efek Radiasi bersifat Kumulatif, artinya semakin dini dan semakin lama seseorang terkena paparan Radiasi maka efek buruknya pun semakin besar. Kanker adalah efek jangka panjang dari paparan Radiasi, Dokter ahli kanker menyatakan bahwa 5% penyebab Kanker adalah faktor keturunan, dan sisanya adalah pengaruh polusi lingkungan, polusi lingkungan terbesar saat ini adalah Radiasi dari Perangkat Nirkabel, terlebih di kota - kota besar dengan tingkat penggunaan Perangkat Nirkabel yang sangat tinggi.

Polusi Radiasi adalah polusi yang paling berbahaya, kenapa? karena polusi ini tidak terlihat atau tercium aromanya, dan kulit kita juga tidak bisa merasakanya, bagaimana kita bisa menghindar atau berlindung dari sesuatu yang kita sendiri tidak bisa melihatnya, mencium aromanya, atau merasakannya?.

Saat kita berpikir tentang Radiasi penyebab Kanker kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa Radiasi tersebut aman, wajar karena memang tidak semua pengguna Perangkat Nirkabel terkena Kanker, karena Kanker adalah efek jangka panjang, butuh waktu 10 - 30 tahun untuk Radiasi bisa menyebabkan kanker, bagaimana dengan efek jangka pendeknya? inilah yang sudah bisa kita rasakan sekarang, terutama bagi kita yang masuk kategori pengguna Perangkat Nirkabel atau kita yang tinggal di lingkungan dengan tingkat paparan Radiasi yang tinggi, kita tidak perlu menjadi pengguna Perangkat Nirkabel untuk terkena paparan Radiasi,karena sudah banyak orang - orang disekitar kita yang menggunakan Perangkat tersebut.

Efek jangka pendek dari Radiasi yang bisa kita rasakan diantaranya adalah :

1 : Melemahnya Daya Ingat

Pernahkah anda mengalami suatu kejadian dimana anda pergi atau berjalan ke suatu tempat dengan tujuan tertentu dan giliran sudah tiba ditempat tersebut anda lupa akan tujuan anda? padahal tempat yang dituju bukanlah tempat yang jauh, misalnya dari kamar tidur ke dapur. Kalau anda mengalami hal tersebut disaat usia anda dibawah 60 tahun itu tandanya kemungkinan besar bahwa Paparan Radiasi sudah melemahkan daya ingat anda, karena secara alami hal tersebut tidak akan terjadi sebelum usia kita menginjak 60th.

2 : Menurunnya Daya Pendengaran

Coba anda bandingkan sensitifitas pendengaran kita antara telinga yang biasa kita gunakan untuk menelepon dan yang tidak, dengan cara mendengarkan musik atau suara2 yang lain sambil menutup salah satu telinga kita, bisa dipastikan bahwa sisi telinga yang biasa kita gunakan untuk menelepon lebih lemah. hal itu terjadi karena Radiasi bisa melemahkan syaraf - syaraf pendengaran.

3 : Susah Tidur

Radiasi Perangkat Nirkabel menghambat produksi hormon Melatonin, Melatonin adalah hormon yang mempunyai beberapa fungsi utama, salah satunya adalah mengatur siklus tidur dan bangun seseorang, secara alami hormon Melatonin di produksi lebih banyak di waktu malam hari, dan sedikit di waktu siang hari, saat kita terkena paparan Radiasi bisa terjadi kebalikanya, akibatnya kita akan mengalami yang namanya susah tidur, atau kualitas tidur kita yang kurang. secara alami kita butuh waktu istirahat atau tidur yang cukup dan berkwalitas, untuk memberi waktu kepada sel sel tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Banyak orang yang tidur dengan membawa Perangkat Nirkabel nya, dan mereka mengalami gangguan tidur atau kwalitas tidur yang buruk, banyak dari mereka yang tidak menyadari bahwa Radiasi dari perangkat tersebut mempengaruhi kwalitas tidur mereka, karena kenyataanya mereka tetap bisa tidur. Pernahkah saat tidur anda mengalami seperti terjatuh dari ketinggian atau jatuh dari kendaraan kemudian kaget dan terbangun, fenomena tersebut disebut dengan istilah hypnic jerk atau Sentakkan Hypnic atau sleep starts. Artinya adalah gerakan terkejut yang sangat tiba-tiba dan terjadi saat tidur, sampai membuat seseorang terjaga dan berdebar-debar. hal tersebut tidak akan terjadi kalau anda mempunyai kwalitas tidur yang bagus, jadi kejadian tersebut bisa sebagai tolak ukur untuk mengetahui kwalitas tidur kita.

Selain berfungsi sebagai pengatur siklus tidur dan bangunnya seseorang, hormon Melatonin juga berfungsi sebagai antioksidan dan memperkuat sistem imun tubuh.

4 : Radiasi Penyebab Stress

Saat kita mengalami susah tidur atau kwalitas tidur kita buruk, hal yang akan terjadi adalah stress, saat tubuh kita mengalami peristiwa stress beberapa hormon yang disebut hormon stress akan dilepaskan kedalam aliran darah oleh kelenjar Adrenal.

salah satu hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal adalah Adrenalin, bisa dibilang kita sudah akrab dengan namanya hormon adrenalin, adrenalin mempunyai fungsi antara lain : Meningkatkan denyut jantung, Meningkatkan aliran darah, Kontraksi otot dan pernapasan, hal ini tidak akan berbahaya bila terjadi sesekali, tapi bila hal tersebut sering kita alami tentu akan menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan kita.

Saat kita sedang sakit dan stress kemudian kita pergi ke dokter pasti dokter tersebut akan menyarankan kita menghilangkan stress kita terlebih dahulu sebelum menjalani pengobatan, karena obat yang kita konsumsi tidak akan bekerja maksimal bahkan mungkin tidak akan bekerja samasekali kalau kita sendiri masih dalam keadaan stress. Selain itu kita juga tahu bahwa stress adalah sumber dari segala penyakit.

Hormon kedua yang dilepaskan kelenjar adrenal adalah Kortisol, secara umum hormon Kortisol berfungsi untuk memelihara sistem dalam tubuh manusia. saat tubuh mengalami peristiwa stress baik secara mental atau fisik secara terus menerus maka produksi hormon Kortisol juga semakin meningkat, akibat tingginya hormon Kortisol dapat menekan sistem kekebalan tubuh, kadar gula dalam darah meningkat. dan akibat dari kondisi stress yang terus menerus akhirnya kelenjar adrenal menjadi lemah dan letih yang berarti tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar, akibatnya kemampuan untuk merespon stress juga terganggu, efek yang ditimbulkan antara lain, Gampang marah, Cepat lelah, Tekanan darah tinggi, Kehilangan kontrol kadar gula dalam darah, Menurunya nafsu makan, Dll.

5: Radiasi Bagi Anak - Anak

Dikarenakan efek Radiasi bersifat kumulatif maka bisa dipastikan bahwa anak - anak yang sekarang sudah mulai menggunakan Perangkat Nirkabel akan lebih berpotensi untuk terkena dampak buruk Radiasi kelak di saat mereka dewasa.

Secara fisik pun anak - anak lebih rentan dibanding orang dewasa, anak - anak menyerap 2 kali lipat jumlah Radiasi dibandingkan orang dewasa, dengan resiko 10 kali lipat lebih besar dibanding orang dewasa, hal ini bisa terjadi karena kepala anak - anak yang lebih kecil tapi berisi jumlah cairan lebih banyak, cairan tersebut bersifat dan berfungsi sebagai konduktor yang bisa menghantarkan Radiasi Elektromagnetik.

Hal - hal diatas adalah sebagian kecil dari beberapa efek buruk Radiasi dan merupakan efek jangka pendek dari Radiasi. Semakin lama kita terkena paparan Radiasi maka kemungkinan terkena dampak buruknya pun semakin besar.

Banyak dari kita yang tidak peduli dengan hal hal diatas, karena memang sudah menjadi sifat manusia yang sering mengabaikan hal hal kecil, padahal kalau kita mau peduli dengan hal - hal kecil atau perubahan kecil dalam diri kita, kemungkinan terjadinya suatu penyakit yang berbahaya bisa kita cegah. ( Bagaimanapun juga, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati )

Menjaga kesehatan kita sendiri adalah salah satu cara kita bersyukur terhadap apa yang Tuhan anugerahkan kepada kita.

Kemajuan tekhnologi menawarkan kita kehidupan yang lebih baik, dan kita dituntut untuk lebih hati - hati dalam memilih tekhnologi yang akan kita gunakan, tidak ada jaminan bahwa barang - barang yang legal selalu aman untuk kesehatan kita.

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU