Pinang Muda

Seruu.Com – Buah Pinang merupakan salah satu komoditas perkebunan yang berorientasi ekspor karena memiliki nilai jual yang cukup menggiurkan. Ditinjau dari segi produksi buah atau biji kering, pinang sirih bernilai ekonomis lebih tinggi ketimbang jenis pinang lainnya.

Selain untuk bahan makanan, buah pinang juga digunakan sebagai bahan pewarna pembuatan karpet, obat tradisional, minuman, dan lain-lain.

Dari hasil penelitian, air rebusan biji pinang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit seperti haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, borok, bisul, eksim, kudis, difteri, cacingan (kremi, gelang, pita, tambang), mencret, dan disentri.

Biji pinang yang aromatis memiliki efek antioksidan dan antimutagenik, astringent (bersifat menyiutkan), serta bersifat memabukkan. Bahkan, sejak lama pinang dipakai untuk mengobati cacingan.

Pinang juga dapat digunakan untuk mengatasi bengkak karena retensi cairan (edema), rasa penuh di dada, luka, batuk berdahak, diare, terlambat haid (menstruasi), keputihan, beri-beri, malaria, dan memperkecil pupil mata.

Khasiat buah pinang muda dalam mengatasi pendarahan telah dibuktikan secara ilmiah. Belakangan, pinang diketahui berkhasiat meningkatkan gairah.

Khasiat penambah gairah ini bukan sekadar omong kosong, karena dalam biji pinang terkandung senyawa arekolin. Penderita lemah syahwat dianjurkan meminum air rebusan pinang secara rutin selama satu minggu. Lebih baik jika pasangan suami istri sama-sama meminumnya secara rutin. Sebaiknya dalam masa pengobatan selama seminggu itu, pasangan suami istri dianjurkan tidak melakukan hubungan intim. (km)


 

KOMENTAR SERUU