ikan goreng (ilustrasi)

Seruu.com - Ikan goreng yang kering kriuk memang terasa nikmat di lidah, apalagi di makan dengan sambal. Meski nikmat, namun ada baiknya tak menggoreng ikan hingga benar-benar kering. Menurut pakar kesehatan, cara ini dapat merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

"Ikan itu kaya omega 3. Tapi ikan jangan digoreng, apalagi digoreng sampai kering karena omega 3 di dalamnya akan rusak," kata dokter Junaidi Lesmana.

Dokter yang juga aktif di Gerakan Makan Sehat Anak Sekolah (GEMASS) ini pun menyarankan mengolah ikan seperti di pepes, sop, kukus, pindang. Cara mengolah ikan seperti itu masih bisa menjaga nutrisi kandungan asam lemak tidak jenuh ganda omega-3 dalam ikan.

Tak hanya ibu hamil ataupun anak-anak yang mendapat manfaat mengonsumsi ikan, melainkan segala umur. "Bagi anak-anak kandungan omega 3 bagus untuk perkembangan otak, namun juga menutrisi otak hingga tua," tuturnya.

Selain itu, omega-3 juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah peradangan. Alhasil, bisa memperlambat peradangan di jaringan berlemak seperti di otak. Satu lagi, rajin makan ikan juga membuat pembuluh darah lebih baik. Aneka penyakit seperti stroke dan penyakit pembuluh darah lainnya menjauh.

Oleh karena itu, ada baiknya mengonsumsi ikan 2-3 kali dalam seminggu. Tak harus ikan yang mahal, ikan sungai pun kaya nutrisi seperti pesan dokter Junaidi. [nm]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU